Well 2012 sudah berlalu dengan segala kisahnya, dan sekarang telah memasuki era hitungan masehi yang baru. Banyak tersandung, suka dan duka. semuanya indah dan penuh warna, tapi saya yakin sekali 2013 is mine ! 2013 akan menjadi tahun saya membayar lelah bapak mamak, kepercayaan teman-teman dan saatnya mengaktualisasikan mimpi yang sudah diangan. 

Ingat ndak dengan film 5 cm ? itu lho yang mengisahkan perjalanan 5 sahabat dalam memaknai hidup, mereka berpetualang mendaki mahameru, meletakkan 5 cm impian mereka di depan kening, dan voila ! mereka berhasil. 

Yah, tak di duga sebelumnya, kemarin kami melakukan perjalanan yang sama, (bukan dalam rangka tahun baru lho !). Mb Dian pulang ke Lampung dan kami belum memiliki moment kebersamaan yang indah. Jadi pagi-pagi Putri sms untuk refresing sejenak ke suatu tempat, karena bertiga tidak seru, jadi deh mengeluarkan jurus rayu untuk Sem, yahhh... biasa nyetrikain baju, Juga ganggu kak rion yang masih tidur lelap di pagi hari.

Sebelumnya saya ingin flash back ke belakang kalau persahabatan kami ini bermula dari sebuah fenomena kampus yang fenomenal dan bersejarah. Hingga puncaknya kami ber sepuluh, dan diberi nama Tim 10 ( kak wendy, kak rion, adi, usep, reki, mb dian, mb nisa, dewi, putri, dan saya ) saat itu sem belum berstatus menjadi mahasiswa. Seru sekali petualangan kami di kampus kala itu, dan sekarang telah kembali ke cita-cita masing-masing. Namun saya yakin visinya masih sama...

Kembali ke perjalanan.... fiuhhhhh !!! gak lagi-lagi pergi ke pantai bertepatan dengan perayaan tahun baru, padat merayap, bahkan di beberapa titik benar-benar mati tak bergerak. satu-satu-tiga belas, untuk pertama dan terakhir kalinya. Baru kali ini naik motor sampai mabok, panas sekali dan penuh polusi dari knalpot kendaraan, perjalanan ke pantai yang biasanya 40 menit itu dua jam lebih. Mau putar balik juga tidak bisa. yahhh... jalani saja. Namun saya nyaris gak kuat, dan serasa mabuk kendaraan hebat, mesin motor juga terasa panas. Luar biasa... akhirnya dengan kesabaran, maju perlahan, kami sampai di tempat dengan ekspresi beragam.

Sampai disana seperti biasa, orang-orang hebat ini bisa mencairkan suasana... nawar perahu untuk ke pulau sebrang, dan kami kembali tertawa... sampai di pulau kami kembali menawar penjaga pulau untuk dapet kortingan tiket. hohoho....

Bukan kami pula kalau tidak berusaha mencari tempat gratis, berhubung semua gajebo berbayar, kami mencari yang gratis, dan ternyata berhasil dapat tempat duduk gratis. Makan bersama, menceritakan petualangan di kampus yang AMAZING sekali. hingga sampai pada kesimpulan, kami dulu luar biasa. sangat luar biasa, dan itulah takdir sejarah kami. 

Setelah itu foto-foto, ganggu orang pacaran... dan gdubraaaakkkkkk !!! putri kepleset di galangan kapal. Untung ndak miring dan jatuh ke laut, perlahan tapi pasti semuanya menyenangkan, dan yang paling parah pas naik kapal pulang dari pulau dengan lugunya mb dian bilang "itu tu kapal yang tadi kita naikkin, yang ada tulisan, pakai indosat hemat" huaaa haa haaa.... kami langsung tertawa bersama, "semua kapal juga ada tulisan gitunya ! jauh-jauh sekolah di malang ini oleh2nya...." dan kami sejenak melupakan penat kuliah juga kerja. 

Terakhir kami menyimpulkan kalau kami berlima ini bak 5 cm tapi bedanya kalau mereka perempuannya satu, tapi kami laki-lakinya yang satu, jadi diberi nama 5 mm. Dan hikmah yang saya petik adalah, dulu ketika kami di kampus, turut serta dalam kancah gerakan mahasiswa, kami mencoba berpijak pada tataran keilmuan, mengedepankan diskusi rasional, dan independenitas, saat kami bersepuluh di tekan habis-habisan. dibunuh karakternya secepat kilat atau perlahan, saat rasanya tak sanggup lagi, sungguh itu pembelajaran yang lebih berharga dari sekedar jabatan besar di organisasi, banyak hikmah dan pembelajaran yang tak dirasakan yang lainnya, bahkan ketika kami sudah terpisah pulau sekalipun dan kembali lagi, kami berbincang, bercerita, dan semakin tidak menyesal menentang apa yang dulu kami tentang, karena perlahan dan perlahan Tuhan menunjukkan bukti nyata bagi mereka yang tidak menutup mata.
 

Setiap insan memiliki takdir sejarahnya masing-masing. ada yang pahit dan manis, namun disaat engkau merasa berat, terdesak, yakinlah, itu bukan tanpa maksud Tuhan menciptakan kondisi untukmu. bisa jadi itu menjadi loncatan dirimu untuk menjadi semakin besar, baik dari pemikiran, mental, keimanan, dsb. Kuncinya hanya satu "Man Jadda Wa Jadda" siapa yang bersungguh-sungguh, niscaya ia kan berhasil. dan saya yakin sekali lebih dari sejarah besar di tahun sebelumnya, 2013 is mine ! untuk sebuah sejarah yang lebih besar.