Memang benar jika ada yang mengatakan bahwa, apa yang kita katakan hari ini pada akhirnya akan diuji. Seperti diriku yang begitu menyukai rumput, sebuah tanaman kecil yang sering diinjak, seolah tanpa nama, ada dan tiada namun memiliki peranan yang besar. Setidaknya rumput bisa sangat membantu dalam meredam laju respirasi ataupu sangat merusak dan menjadi gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman-tanaman besar. Rumput yang akarnya kemana-manapun akan semakin susah dicabut. 

Dua tahun yang lalu dengan gagahnya saya bilang, akan menjadi rumput yang tulus, akan berfikir seberapa besar kebermanfaatan, bersembunyi dan seolah tak ada untuk menjaga ketulusan itu. Hari ini aku benar-benar diuji. 

Setelah proses pembelajaran kepemimpinan yang saya lalui, dengan imu yang secuil dan sering merasa paling tahu, saya sampai pada proses refleksi bahwa Allah telah melimpahkan rizki pada setiap jengkal bumi-Nya. saya sadar betul bahwa New York memiliki nilai, namun pedalaman Sendang juga memiliki nilai khasnya tersendiri, tentang kesederhanaan, kesabaran, ketabahan, kesyukuran, dll. 

Namun dipungkiri atau tidak, New York dengan nilai'nya sebagai kota megapolitan yang sibuk, penuh tantangan, modern, mampu membranding dirinya dengan lebih baik. Saya khawatir sangat jika pada akhirnya harus terjebak pada arus itu. Saat prinsip itu semakin diuji, mata mulai melirik kemewahan dan ketenaran, dengan dalih akupun ingin hidup dengan nyaman bersama keluarga, bisa berbuat banyak, dll.

Ya Rabb.... ilmu dan skill yang engkau titipkan ini pada akhirnya juga akan engkau mintai pertanggungjawaban, jagalah tekad kuatku agar tak runtuh oleh ranjau-ranjau branding yang tak tau pada titik mana akan melumpuhkanku. Ajari aku agar tetap hidup dalam kesederhanaan dan kesabaran, mampu memandang sebuah nilai dengan lebih tulus, tapa kemasan manis bernama "branding".