"hidup itu seperti permainan game, kita mengetahui awalnya, mengetahui peraturannya, dan ada dua kemungkina di akhir, menang atau kalah, dan satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah memperjuangkannya"

Beberapa bulan terakhir saya bagaikan menghilang ditelan bumi, entah sedang ingin berkonsentrasi atau apan, trus tiba-tiba janjian nonton dengan teman saya, saat itu kami menonton film 5 cm. kontan teman saya berkomentar "kok kita kaya 5 cm ya? setelah beberapa bulan berpisah dengan kehidpuan masih-masing trus ketemu lagi disini, cerita-cerita". 

Iya, memang nyaris sama, dan saya menemukan banyak hal baru dari cerita teman saya, masing-masing dari kami membawa perubahan tersendiri, ia bercerita banyak tentang pengalamannya menjadi konsultan finger print. dan saya menceritakan pengalaman seru akhir-akhir ini. 

Selesai menonton teman saya syok, karena menyangka bahwa ending akan berpihak ke Genta, namun ke Zafran, dan akhirnya ia menyimpulkan " yang kita tau dari hidup ini hanya berusaha ya? kita tidak pernah tau akhirnya bagaimana". seru nie film, ndak bisa ditebak. 

Akhir-akhir ini saya punya sebuah mimpi, namun tidak berani menyampaikan ke orang tua, karena khawatir dengan komentar orang tua yang bermacam-macam dengan alasan kemapanan dan lain sebagainya, mimpi saya ini sederhana, namun sangat berpengaruh untuk kehidupan saya kedepannya. Sebenarnya semuanya cukup simple, saya masih punya waktu satu tahun untuk membuktikan mimpi saya ke orang tua sehingga ia melihat hasilnya dan sepakat, karena saya yakin orang tua saya sebenarnya satu pemikiran dengan saya. 

Namun kebiasaan saya, khawatir, apa iya bisa ? kalau memperburuk keadaan bagaimana ? namun kemudian saya merenung,..

Ian bisa mengerjakan skripsi dalam 2 bulan...
Genta bisa punya ide EO yang gila suksenya...
Riani sebulan magang langsung diangkat kerja...

Dan beberapa bagian lagi, yang membuat saya berfikir, yahhh... hidup ini seperti video game, kita tau bagaimana kondisi kita sekarang... tau aturannya yaitu al-qur'an dan hadist... kita hanya bisa berikhtiar, dan pada akhirnya nanti cuma ada dua pilihan.. kita mengakhirinya dengan khusnul khatimah, atau su'ul khatimah... 

Terimakasih kawan, atas motivasi hari ini, letakkan ia 5 cm didepan keningmu, dan lakukan apa yang kau bisa untuk meraihnya.... cuma perlu kaki yg akan berjalan lebih jauh, tangan yg berbuat lebih banyak, mata yg menatap lebih lama, tekad yg seribu kali lebih keras, hati yg akan bkerja lebih keras, serta mulut yang akan selalu berdo'a...