Voila ! Para mahasiswa baru segera memasuki hiruk pikuk dunia kampus ! Banyak yang bilang kampus adalah SKS dan IPK, namun mereka salah, karena tempat ini jauh lebih menarik dari itu. Tempat ini ada jembatan yang lebih kokoh dari Golden Gate atau lebih fenomenal dari JSS, karena tempat ini yang akan menjembatani hidupmu menuju dunia nyata yang akan kau arungi hingga maut menjemput kelak.


Rasa haru dan bahagia tak menentu mendera, dihiasi sambutan dari kakak tingkat yang mengajarkan kita yel-yel, menyuruh kita berpita warna-warni, bertopi aneh-aneh, memakai tas kardus, kaos kaki beda warna, atau sederet hal-hal yang tidak jarang kalian merasa di bully oleh mereka.

Beberapa tempat mencoba menghapuskan aktivitas perploncoan, karena tidak jarang berakhir tragis, sebut saja IPDN yang telah menewaskan beberapa prajanya.

Itulah kampus, dan bullyan dari kakak tingkat belum seberapa dari apa yang akan kau hadapi selanjutnya. Karena tak lama dari itu kau akan merasa menjadi wanita atau laki-laki dewasa, sibuk berdandan ala stereotype revlon, kurus, putih, tinggi, dll. Untuk kedua kalinya kau telah di bully. Untuk apa kau harus menyiksa dirimu tidak sarapan karena terlihat sedikit gendut, untuk apa kau harus mati-matian luluran tiap hari supaya lebih putih. kau telah di bully oleh tren masa kini kawand !

Seminggu setelahnya kau akan mulai belajar, mengenal dosen-dosen baru, tak sedikit dari mereka yang berkata, lulusan kami sudah bekerja disini, disitu, dengan jabatan ini, jabatan itu. Tapi nyaris tidak ada yang berkata, lulusan kami telah melakukan banyak perubahan. Berhasil mengentaskan 10.000 buta huruf, membangun wirausaha untuk 100.000 masyarakat desa. Lagi-lagi kau telah di bully ! dan diajari mengukur segalanya dengan materi.

Semakin hari semakin banyak kau rasakan, ketidaknyamanan nurani, namun kau juga tak punya kuasa untuk melawan. Tapi bagi mereka yang belum mengenal apa itu "grassroot understanding" tidak pernah sadar kalau indonesia ini dibodohkan, masyarakat kita dimiskinkan. Mereka merasa baik-baik saja, mengejar prestasi dan karier pribadi. Sungguh, jika mahasiswa baru itu aku. Tak ingin aku di bully seumur hidupku !!!