Allah... waktu berjalan begitu cepat, tanpa aku sadari kini aku telah menjadi manusia dewasa yang dinanti dunia untuk memberikan sentuhan-sentuhan perubahan,. kini... hari-hari bukan lagi canda penuh tawa dengan instrumen kaki-kaki kecil yang berlarian... kini, tiap pagi bukan lagi tentang PR apa yang belum kukerjakan... namun tentang gejala sosial apa yang masih melambai-lambai... kini bukan masalah uang saku, tapi lebih pada bagaimana kau bisa hidup mandiri... kini bukan lagi curahan hati yang kau tulis dalam buku harianku.. tapi tentang dunia yang menanti gagasan-gagasanku... kini bukan lagi saatnya untuk merengek pada ayah-ibu, tapi sampailah pada penghujung waktu untuk membuatnya bahagia...

***

Fokus... fokus... fokus... fokuslah pada arah hidupmu ! bermimpilah dengan sederhana, jadilah tukang sapu jalanan yang membuat seluruh dunia terdiam dan berkata "disini ada seorang tukang sapu jalanan yang luar biasa", bismillah... akupun memberanikan diri untuk menuliskan ini...


1.  Kafe Pintar, "Grow Up and Change !"

Allah memberiku banyak hal, rizki yang melimpah, orang-orang luar biasa, juga kesempatan yang belum tentu dimiliki oleh yang lainnya, inilah saatnya... saatnya saya belajar berbagi...

"aku ingin kafe pintar tumbuh menjadi tempat sharing yang santai dan berisi, bergaya anak muda, tempat mereka membangun kapasitas diri, dan kemampuan kebahasaan, kepemimpinan, mendesain project sosial, berbagi sesuai dengan passion mereka, juga berdiskusi tentang sejarah dan issue2 terkini."

"aku ingin memulainya dari komunitas-komunitas kecil, berisi dari 5-10 orang, sharing2, weekend meeting, buat volunteering activity bareng-bareng, belajar bahasa asing, buat buletin pendidikan."

"aku ingin pada akhirnya kafe pintar punya tempat seperti sekolah alam, tempat memajang karya-karya kreatif anak-anak muda, lukisan, prakarya, atau karya-karya dari daerah binaan, komodity lokal, dll. tempat inspirasi anak muda, mereka bisa minum teh bersama sambil sharing disebuah kafe sederhana yang didesain ramah dengan alam. disinilah mereka belajar secara informal, bukan masalah nilai rapor, tapi bagaimana menciptakan solusi dari masalah yang hari ini ada. tempat anak-anak kurang mampu belajar, tempat anak-anak kaya berkumpul...."

"aku ingin kafe pintar menerbitkan majalah dan buku-buku yang inspiratif, aku ingin kafe pintar mengelar diskusi-diskusi dan sharing2 seperti yang digelar oleh @america saat ini, aku ingin kafe pintar jadi sebuah social empowerment, aku ingi kafe pintar menjamur diberbagai kota dan menjadi rumah bagi anak-anak muda yang rindu akan perubahan, yang optimis akan masa depan." 

"aku ingin kafe pintar bisa menjadi counter proposal untuk kurikulim pendidikan hari ini"

dengan nama Allah...


2.  Speak Up !! "Total Physical Respond"

20 jam bisa !! itulah jargon dari eduprenuer yang sedang saya coba bangun, bismillah... semoga Allah memberikan rizky yang halal, sehingga bisa memperluas jangkauan saya untuk membangun gerakan sosial..
mari belajar bahasa inggris dengan metode "total physical respond", sambil memasak, sambil bercerita, sambil bermain drama, sambil makan, sambil membuat prakarya..." have fuuuunnnn......!!!

"aku ingin memasang sekmen pasar premium, disinalah saatnya mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kampus... bismillah... perlahan... optimis !!"




3.  Menulislah Maka Kamu Ada...

baru-baru ini, teman-teman delegasi GYCS mengusulkan untuk menulis buku terkait 8 issue MDG, jika ini berhasil, ini akan menjadi buku pertama saya yang terbit. kedepannya, saya juga ingin menuangkan gagasan-gagasan saya lebih lanjut, selain itu, saya juga ingin berbagi inspirasi... tahun ini... saya berharap buku pertama saya terbit... bismillah....


4.  Skripsweeeet.....

tanpa terasa... kuliah sudah hampir menghadapi ujung tahun, siap-siap untuk mengajukan judul skripsi semester 6 besok, permudahlah ya Allah...



5.  Go Internasional !

dulu, ketika SD saya berangan-angan untuk satu forum dengan pemuda-pemuda terbaik dari seluruh dunia, dan tahun ini saya terpilih untuk menjadi delegasi "Global Youth Cultural Summit", semoga ini mejadi awalan untuk saya mampu hadir di forum-forum lain, baik itu model united nation, maupun konfrensi-konfrensi, youth summit atau forum lain yang sesuai dengan passion saya...

saya ingin belajar banyak, memiliki world capacity and grassroots understanding,... bahu membahu membangun dunia yang lebih baik....

 
it's me... dan inilah 5 resolusi saya tahun ini... mohon do'a dan support semoga saya bisa mencapainya tahun ini... karena aku tak akan menjadi seperti sekarang jika bukan karena teman-teman dan orang-orang tersayang... 


thank u.... thank u Allah...