Kata-kata fiks mulai familiar di telinga saya semenjak ada kelas drama. Saat itu kami janjian untuk latihan, tapi datang satu pergi satu, akhirnya kita menyimpulkan "fiks gue bete hari ini !" (dalam konteks bercanda) sejak saat itu kata fiks menjadi akrab menjadi salah satu diksi kita, para mahasiswa english department '10.

Fiks ! hardiknas kali ini saya tidak akan membahas hal-hal yang besar seperti warisan pendidikan belanda yang menjadikan manusia sebagai komoditi perbudakan atau pendidikan perspektif Ki Hajar. Namun, saya akan bercerita pengalaman saya di hari ini yang sedikitbanyak menjadi penyebab segala permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan hari ini.

Tepat di hari ini, 2 mei, kami mahasiswa pendidikan bahasa inggris merasakan PHP dari tiga orang dosen dengan tiga mata kuliah yang berbeda, sebenarnya ini terjadi beberapa kali, hanya saja hari lebih bermakna karena fiks tanggal 2 mei.

Permasalahan pertama adalah kami ini calon guru, apa yang terjadi pada kami akan memberikan dampak pada generasi selanjutnya, jika pada hari ini kami di didik dengan mental seperti ini, sampai kapapun, dengan kurikulum apapun, dunia pendidikan akan tetap kocar-kacir.

Permasalahan kedua, mengapa bapak-ibu dosen yang saya cintai ini tidak berfikir akan kepentingan pribadi kami dengan PHP setiap janjian waktu kuliah, lalu berubah, kami mengerti mereka memiliki kesibukan, namun apa mereka peduli dengan kesibukan kami ? yang mungkin kita bisa melakukan hal lain dengan lebih bermanfaat seandainya ontime dan disiplin dengan waktu perkuliahan.

Permasalahan ketiga, saya sendiripun menjadi bingung apa yang sebenarnya saya lakukan di kampus selama hampir lima tahun ini, seandainya semua itu dipadatkan, mungkin cukup menjadi satu semester saja...

Well, fiks ! tak perlu muluk-muluklah, mari lakukan hal-hal yang menjadi tanggung jawab kita dengan baik, biarpun itu hal kecil, ia akan memberikan dampak yang besar, seperti sebuah butterfly effect yang tidak kita sadari bahwa jika pada hari ini kita tidak tertib dengan komitmen perkuliahan, di hari depan akan ada kesuraman dunia pendidikan.

Ma'afkan saya menulis ini... selamat hardiknas !