Mengapa anak-anak jalanan itu bodoh ? #karena mereka tidak sekolah, Mengapa penduduk pesisir cenderung memiliki tingkat ekonomi rendah, padalah laut adalah harta negara yang melimpah ? #karena mereka tidak sekolah. Seolah sekolah menjadi jawaban atas segala permasalahan, seolah sekolah menjadi tempat pembebasan yang paling humanis. Namun jika kita beranjak pada pertanyaan, “Mengapa tidak sekolah ? #karena tidak ada biaya”. Belum lagi kampus yang mencetak ribuan pengangguran setiap tahunnya.

Sekolah menjadi kambing hitam yang paling hitam, sekolah menjadi satu-satunya solusi. Padahal permasalahannya adalah terletak pada ‘belajar’ bukan ‘sekolah’. Apalah manfaat sekolah tanpa pembelajaran di dalamnya? Lagi-lagi ia akan mencetak pengangguran.

Kadang saya bertanya, mengapa pendidikan ini tidak ramah kepada kita, bukankah Tuhan menciptakan kita untuk belajar seumur hidup, namun mengapa kita hanya sekolah sampai SMA atau perguruan tinggi. Saya berfikir ruang-ruang pendidikan informal bisa menjadi alternatif yang baik untuk menjadi tempat pembelajaran masyarakat. Selain relatif lebih murah, juga tepat guna dengan keterbutuhan masyarakat. Dilain pihak, ruang pendidikan informal juga lebih aplikatif dibanding pendidikan formal.

Alasan itulah yang membuat saya lebih tertarik terhadap pendidikan - pendidikan informal dan bercita-cita menjadi ahli pendidikan informal. Semoga Allah memudahkan jalannya.