Satu-satunya surat di dalam Al Quran yang tidak diawali dengan kalimat basmallah (بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) adalah surat At Taubah. Ada beberapa alasan kenapa surat ini tidak diawali dengan basmallah, yaitu:
  • Ayat-ayat di surat At Taubah berbicara mengenai pemutusan hubungan antara Tuhan dengan orang-orang yang durhaka. Dan biasanya, jika terjadi suatu pemutusan hubungan, pemutusan perjanjian tersebut dilakukan tanpa menyebut nama Tuhan.
  • Sebenarnya surat At Taubah dengan surat An Anfal (surat sebelumnya) memiliki tema yang hampir sama. Dalam surat An Anfal terdapat uraian tentang perlunya menepati ikatan-ikatan perjanjian. Sedangkan, surat At Taubah menguraikan tentang pemutusan perjanjian terhadap mereka yang mengkhianati perjanjian. Karena temanya dianggap senada, awal surat At Taubah tidak dicantumkan basmallah.
  • Sebagian ulama menyatakan bahwa kalimat basmallah menyiratkan makna rahmat dan kasih sayang, sedangkan surat At Taubah banyak berisi kecaman dan sanggahan terhadap sikap orang-orang munafik dan orang-orang kafir, sehingga tidak ada rahmat yang tersisa bagi mereka.
Wallahu’alam.