Dulu... pertama kali saya tiba dikampus, ada beberapa nama yang cepat sekali dikenal, rata-rata dari mereka adalah orang-orang yang memiliki aktivitas super sehingga mudah mengingatnya. Tak jarang kami para generasi baru di kampus berceloteh, "kapan ya bisa kayak mb itu...... pinter banget lho !" "kakak yang itu dan itu aktif banget ya...." begitu seterusnya.

Hingga bulapun berganti dan kami diperkenalkan oleh sang waktu. Hangatnya keakraban mulai terjuntai, saat-saat berguru yang penuh kenangan... hingga satu per satu lulus, pulang kekampung halaman, atau memulai daerah jajahan baru.

Awalnya cukup berat, karena saya dan teman-teman seleting yang biasa jadi adek harus berganti peran menjadi kakak. Namun lambat laun kami terbiasa. hingga kini kala berjumpa lagi, saya suka tersenyum sendiri.... Kakak-kakak'ku dan mbak-mbak'ku dulu sudah memasuki fase baru dalam hidupnya.. suara-suara kaki-kaki kecil dan tangisan nakal menghiasi rumah tangga mereka, juga kala tersisa sedikit waktu dan menyempatkan diri sekedar mengetahui kabar mereka dari facebook, subhanallah.... profil picture yang dulu biasanya diisi oleh foto-foto gagah-gagahan selama menjalani aktivitas kampus sekarang sudah berubah menjadi foto jagoan-jagoan kecil mereka.

Lama tak jumpa, dan senyum para ponakan itu begitu bermakna, hentakan kaki-kaki kecil generasi baru seakan siap menemani perjuangan ayah dan bunda mereka... Barakallah mb-mb dan kakak-kakak'ku... semoga menjadi anak sholeh dan sholehah yang mewarisi visi ayah bundanya.  Amin....